Reporting Program VB6 dengan Crystal Report 8.5 menggunakan TTX File (I)

Posted: Oktober 17, 2012 in Crystal Report, Reporting
Tag:, , , , ,

Ada beberapa cara menampilkan laporan dengan crystal report dari program yang kita buat menggunakan visual basic (khususnya VB6). Salah satu contoh yang saya anggap paling gampang dan tidak ribet yakni dengan menggunakan TTX File. Kenapa saya katakan paling gampang, karena dengan menggunakan TTX File, kita hanya memerlukan bantuan recordset sebagai datasource nya, sehingga kita hanya “bermain” dengan perintah SQL untuk menampilkan datanya.

Adapun langkah-langkah pembuatan laporan nya sebagai berikut :

1. Buka Crystal Report yang sudah terinstall di PC, kemudian di awal akan langsung menampilkan pilihan Create (buat report baru) atau Open (modifikasi laporan), pilih Create – As a Blank Report (akan ditampilkan form Data Explorer)

2. Pada Data Explorer, pilih More Data Sources – Active Data – Active Data (Field Definition Only)

3. Kita akan dihadapkan pada form Select Data Source. Di sini kita bisa membuat file TTX sendiri dengan menggunakan bantuan Notepad, jika kita sudah mengetahui format dan struktur field type yang digunakan. Namun dalam kasus ini kita pilih New untuk membuat TTX Baru (menggunakan bantuan CR), setelah itu akan tampil form database definition tool.

4. Pada database definition tool Kita tinggal mengisikan nama field pada Field Name dan tipe field pada Field Type, serta ukuran field jika menggunakan String. Sebagai contoh, kita buat ttx dengan Field berikut :

Kode String(50), NamaBarang String (150) dan Jumlah Number

5. Selesai menambah field-field yang akan dimasukkan ke laporan, tutup database definition tool, saat konfirmasi apakah TTX akan di simpan, pilih Yes, pilih lokasi tempat penyimpanannya.

6. Path dan nama file TTX yg telah disimpan tadi akan otomatis terpilih pada form select data source, Klik tombol OK, pada form Data explorer, pilih nama TTX yang baru saja dibuat, Klik tombol Add.

7. Setelah di add, perhatikan nama file TTX yang kita pilih, akan ada ceklis berwarna hijau yang berarti file TTX tsb sudah menjadi data source pada laporan yang akan dibuat, Klik Close untuk menutup form.

8. Selanjutnya kita akan dihadapkan pada antarmuka Crystal Report. Field-field yang sudah kita tambahkan pada file TTX tadi dapat kita lihat pada form Field Explorer (menu Insert – Field Object)

9. Terakhir, drag field yang ingin ditampilkan pada laporan dari field explorer, kemudian drop pada section detail, rapikan laporan tersebut agar kelihatan lebih bagus.

Bersambung ke Bagian Kedua, cara menghubungkan report dengan program yang dibuat dari VB 6…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s